Wednesday, October 18, 2017

BUMDes Se KSB Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas

BeneteNews – Sebanyak 43 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), mengikuti pelatihan Peningkatan kapasitas di Aula Hotel Ifa Taliwang. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD).

Pelatihan yang berlangsung dua hari (17 s/d 18 Oktober 2017) tersebut di khususnya bagi bendahara BUMDes yang ada di KSB, agar lebih maksimal dalam pembuatan administrasi dan juga pelaporan.


“Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi bendahara ini kita harapkan bisa menambah ilmu baru dan bisa diaplikasikan dalam usaha yang ada di masing-masing bumdes,” ungkap Slamet Riadi S.Pi, M.Si, selaku kepala bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Teknologi Tepat Guga.

Selain itu terangnya, pemerintah juga terus membantu agar bumdes yang ada di KSB memiliki prodak unggulan dan mampu bersaing. Mengingat Kabupaten Sumbawa Barat memiliki sumber daya alam yang cukup banyak. Sehingga nantinya nantinya dengan Adanya Bumdes tersebut mampu menciptakan lapangan kerja baru. “Dengan Adanya Bumdes nantinya akan menghasilkan Pendapatan Asli Desa,” ungkapnya.

Hal senada juga di ungkapkan Kepala Dinas DPMD Drs. Mulyadi, M.Si anggaran pendapatan asli desa di  Kabupaten Sumbawa Barat masi sangat minim. Sumber Angaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) masi mendapat dari pemerinta yaitu dari Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD) dan Bagi Hasil. “Sementara Pendapatan Asli Desa masi sangat minin, kita harapkan dengan adanya BUMDes perekonomian di desa berkembang dan mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa nantinya,” harapnya.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com