Kuli Farm adakan Sosialisasi dan Pelatihan Budidaya Maggot di Desa Mantun - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Kuli Farm adakan Sosialisasi dan Pelatihan Budidaya Maggot di Desa Mantun

Share This
BeneteNews - Dalam rangka memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan mengolah sampah organik sebagai pakan alternatif. Kuli Farm Bersama Pemerintah Desa Mantun dan Universitas Cordova mengadakan pelatihan Budidaya Maggot Black Solder Fly (BSF) di Aula Kantor Desa Mantun. Senin, 11/09/2023.

Kegiatan yang diikuti oleh PKK Desa Mantun, Peternak rumahan dan juga dari Siswa-siswa SMKN 1 Maluk.

"Kegiatan ini kami adakan dalam rangka memberikan salah satu solusi nyata dalam pengolahan limbah, khususnya limbah organik yang bisa dijadikan pakan alternatif bagi unggas dan juga ikan," ungkap Alimuddin selaku Narasumber dalam kegiatan tersebut.


 Ali panggilan akrapnya menjelaskan, saat ini Kecamatan Maluk ramai akibat pembangunan smelter. Hal ini akan berbanding lurus dengan produksi sampah yang dihasilakan.

“Sampah ini jika tidak dipikirkan solusinya, maka akan menjadi masalah kedepannya. Namun jika sampah ini dikelolah dengan baik makan akan menjadi sebuah keberkahan dan bernilai ekonomis,” jelasnya.

Pada pelatihan tersebut peserta diajari dan melihat langsung tahapan demi tahapan dalam budidaya maggot BSF tersebut. Mulai dari tahap awal memanen telur lalat BSF yang kemudian akan ditelaskan, hingga menjadi lalat.

“Semua fase dalam siklus lalat BSF ini kami bawa, sehingga peserta pelatihan bisa melihat langsung dari masing-masing siklus. Mulai dari telur, beby maggot, maggot dewasa, Pre pupa, Pupa hingga lalatnya. Semua kami bawa dan tunjukan ke peserta pelatihan,” Paparnya.

No comments:

Post a Comment

Pages