Kabupaten Sumbawa Barat Gencar Lakukan Promosi Wisata - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Kabupaten Sumbawa Barat Gencar Lakukan Promosi Wisata

Share This
BeneteNews – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui dinas pariwisata kian genr kian gencar melakukan promosi wisata. Hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan sekaligus mengoptimalkan pendapatan daerah melalui PAD.

Hal tersebtu terlihat dengan dipasangnya baleho promosi destinasi pariwisata sumbawa barat berukuran raksasa  di bandara international lombok (BIL) belum lama ini.

"Itu semua kita lakukan untuk mempromosikan destinasi yang ada di sumbawa barat untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara,"  ungkap kepala dinas pariwisata Subawanto belum lama ini.

Selama tahun  2017 tercatan di dinas pariwisata kabupaten sumbawa barat kunjungan wisatawan dari luar dan dalam negri meningkat melebihi dari yang di targetkan tahun ini oleh dinas pariwisata. 
" Tahun ini jumlahnya kunjungan meningkat  tercatat wisatawan yang mengunjungi sumbawa barat yang menghuni hotel dan homstay berjumlah 20.077 wisatawan  yang terdiri dari 16.552 wisatawan lokal dan 3.525 wisatawan mancanegar," ujarnya.

Subawanto juga memaparkan  destinasi pariwisata yang masuk dalam kalender acara tahunan dinas pariwisata pada tahun 2018 nanti di antaranya Mantar yang tersohor dengan Paralayangnya dan Sekongkang dengan pantain dan ombak sufpingnya,dan tahun ini kecamatam sekongkang tujuan terbesar wisatawan mancanegara.

Memajukan pariwisata yang ada di sumbawa barat tentunya  dinas pariwisata tidak bisa berkerja sendri sendiri, dinas membutuhkan kerja sama pemerintah setempat pasalnya anggaran pariwisata sangat minim.

Subawanto menyarankan ke Bupati dan Wakil Bupati 20 persen anggaran SKPD di peruntukkan ke pembangunan pariwisata itu akan mempercapat pembangunan infrastuktur pariwisata dan menurutnya  kerja sama dengan pihak lain juga sangat di butuhkan untuk mempercepat pembangunan  pariwisata di sumbawa barat ini.

Dalam waktu dekat ini pemda  KSB dan pemda KLU akan menjalin kerja sama dalam bidang pariwisata, untuk mempromosikan destinasi pariwisata pihaknya akan malakukan kerja sama dengan kabupaten lombok utara (KLU) di bidang pariwisata, dalam waktu dekat ini MoU terkait kerja sama tersebut sudah akan di Sepakaiti dan di tanda tangani.

"Terjalinnya kerja sama pemda KSB dengan pemda KLU  nantinya akan berdampak positif untuk kemajuan pembangunan pariwisata Gili yang ada di KLU pengunjung wisatawan mancanegaranya perhari 3000an lebih, itu perhari kita sumbawa barat setahun di angka itu, nantinya dengan kerjasama itu KSB bisa berbagi dengan KLU dengan adanya kapal cepat yang akan di oprasikan dengan rute Gili menuju KSB akan mempermuda wisatawan mengunjungi pariwisata yang ada di KSB ," harapnya.(awi)

No comments:

Post a Comment

Pages