PT. AMNT Perusahaan Nasional, Rasa Kolonial - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

PT. AMNT Perusahaan Nasional, Rasa Kolonial

Share This
Ilustrasi
PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang beroperasi di Batu Hijau Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat yang menggantikan PT. Newmon Nusa Tenggara (NNT) terus membuat kegaduhan ditengah masyarakat. PT AMNT yang merupakan perusahaan Nasioal diharapkan mampu memberikan angin segar bagi kesejahteraan masyarakat, khusnya yang berada dilokasi tambang beroperasi. Perusahaan Nasional yang diharapkan mampu memberikan manfaat ekonomi justru malah sebaliknya. Inilah babak baru Perusahaan Nasional Rasa Kolonial.

Jika kita mengingat kembali sejak peralihan dari PT. NNT kemudian beralih menjadi PT. AMNT yang katanya Nasional kini, sering menimbulkan kegaduhan. Kegaduhan pertama terjadi pada bulan Januari 2016 terjadi pemblokiran gare Benete menuju lokasi tambang, yang dilakukan oleh sub kontraktor akibar invoice belum dibayarkan. Sehingga bupati Sumbawa Barat angkat bicara seperti yang dimuat salah satu media lokal,. --AMNT Diminta Segera Bayar Hutang – “Kami minta ini harus segera dilunasi. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak yang bekerja diperusahaan sub kontraktor itu sendiri," tegas Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin. Radar Sumbawa Edisi 11 Januari 2017.
Radar Sumbawa 
Satu bulan kemudian, terjadi pencemaran dua sungai di desa Tongo kecamatan Sekongkang, akibat meluapnya bendungan penampungan air asam pertambangan milik PT AMNT. Sehingga air asam tesebut mencemari sungai Tongo Loka dan Sejorong. Akibat pencemaran tersebut ikan dan biota yang ada disungai tersebut lemas dan mati. Kebanyakan jenis ikan yang mati seperti tuna dan udang.
Akibat pencemaran dua sugao tersebut warga sekitaran lokasi dibuat kawatir untuk mengonsumsi ikan atau beraktifitas disekitaran kali tersebut. Seperti yang diungkapkan Muammar Khadafi, pemerhati lingkungan dan juga putra warga Tongo “kejadian over flow yang terjadi di bendungan Tongo Loka dan bendungan Sejorong merupakan kejadian yang sangat luar biasa dan mengerikan, sehingga berdampak kepada masyarakat,”-- Air Asam Tambang Meluap Dua Sungai di Sekongkang Tercemar -- http://mediaindonesia.com/

Selain itu, program pemberdayaan masyarakat disekitar tambang sudah tak terlihat lagi. Salah satu contoh pengembangan Nursery  Berbasis Tanaman Tahunan dan Semusim Melalui Kegiatan Demplot  dan pendampingan Petani sudah tidak terlihat kembali. Lokasi yang dulunya merupakan tempat masyarakat mengambil bibit dan sejenisnya, kini menjadi semak belukar dan sudah tidak terawat kembali. Dan akhir-akhir ini PT. AMNT dilaporkan kembali membuat kegaduhan, akibat ketidak pastian terkait realisasi program Restrukturisasi Tenaga Kerja (RTK) yang sudah disepakati. Pihak perusahaan merubah kembali sistim pembayaran dengan cara sepihak. “Saya minta Disnaker tegas. Surati AMNT minta penjelasan tertulis. Jangan buat gaduh di Sumbawa Barat,” M. Hatta Anggota Komisi I DPRD Sumbawa Barat -- AMNT Tak Ubahnya Broker -- Suara Rinjani Edisi 05 Oktober 2017.

Sudah sepatutnya perusahan nasional memberikan kesejahteraan, kenyamanan bagi masyarakat khususnya masyarakat di sekitaran tambang. Bukan malah sebaliknya. Tambang yang katanya dapat memberikan kesejahteraan bagi warga sekitar jangan hanya sebatas harapan semata, namun yang terpenting adalah realita dan wujud dari kesejahteraan itu sendiri. Perusahaan nasional, seharusnya lebih nasionalis. Inilah tambang Nasional, Rasa Kolonial. 

No comments:

Post a Comment

Pages