Bank Sampah Lakmus - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Bank Sampah Lakmus

Share This
Sampah merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Tapi tidak bagi warga Desa Benete Kecamatan Maluk. Salah satu lembaga kesehatan di desa tersebut mengelola sampah dengan mendirikan bank sampah. Bagaimana kiprahnya.


Sampah Semakin menumpuk tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah membuat Lembaga Aliansi Kesehatan Masyarakat untuk Sumbawa (LAKMUS), di desa Benete menginisiasi dibentuknya bank sampah. Tujuan utama pendirian bank sampah ini adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Desa Benete.
"Namanya bank sampah Lakmus. Kami sudah 4 tahun berdiri dan nasabah sudah mencapai 800 orang, terdiri dari tabungan kelompok dan juga individu". Kata Rosma, pengelola Bank Sampah Lakmus, Desa Benete Kecamatan Maluk ini.

Bank sampah ini dikelolah menggunakan sistem seperti perbankkan pada umumnya yang dilakukan oleh petugas dari Desa setempat. Sedangkan nasabahnya adalah warga dari dua kecamatan. Kecamatan Maluk dan Kecamatan Jereweh serta mereka akan mendapat buku tabungan seperti menabung di bank. Tujuan utamanya yakni membuat lingkungan lebih bersih dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan. Selain itu, membuat sampah menjadi barang ekonomis, dan tentunya menambah penghasilan masyarakat. Pasalnya, saat mereka menukarkan sampah, mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang disimpan dalam buku rekening tabungan yang mereka miliki dan bisa diambil jika nanti membutuhkan.

Sampah-sampah yang di tabung akan dijual ke penjual ke pengepul selai itu, barang-barang yang bisa di daur ulang akan dijadikan karya seni kerajinan tangan.
Sebelumnya, banyak sampah dikelola dengan cara dibakar, namun hal ini tentu saja akan merusak kondisi lingkungan. Bank sampah merupakan solusi yang tepat untuk pengelolaan sampah di lingkungan. Dengan diadakannya sosialisasi mengenai bank sampah yang di sertai dengan edukasi mengenai pemilahan sampah, diharapkan masyarakat bisa ikut bergabung menjadi nasabah serta ikut membantu menjaga lingkungan.

Dengan adanya bank sampah pengelolaan sampah bisa lebih positif dan bahkan menguntungkan. Apakah Anda tertarik membuat bank sampah di lingkungan Anda?





Benete, 13 Agustus 2016

No comments:

Post a Comment

Pages