Panduan Lengkap Daftar CPNS 2017 - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Panduan Lengkap Daftar CPNS 2017

Share This
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat membaca bagi sahabat dan rekan-rekan di blog ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pemerintah membuka pendaftaran 19.210 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Mahkamah Agung (MA) dan Kemenkumham mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus 2017, dan 26 Agustus 2017 khusus pelamar D3.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengingatkan bahwa pendaftaran dilakukan secara online resmi melalui situs https://sscn.bkn.go.id


Tampilan Halaman Login 

“Harus diusahakan, apapun yang bersangkutan dengan identitas diri dapat diinput dengan data yang sama, seperti nama, tempat tanggal lahir maupun jenis kelamin sesuai dengan akte kelahiran. Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan tersebut, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat,” demikian bunyi siaran pers Biro Humas Kementerian PANRB seperti yang dilansir dari setkab.go.id. 
Berikut langkah-langkah lengkap pendaftaran di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran:



Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar CPNS Melalui Portal SSCN
Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Ketentuan yang Harus Diketahui Sebelum Mendaftar CPNS di Portal SSCN
1. Pelamar harus masuk ke portal SSCN 2017: https://sscn.bkn.go.id
2. Klik "Pengumuman" untuk mencari informasi terkait instansi yang dibuka
3. Pilih instansi yang akan dilihat. Instansi yang terlampir adalah instansi yang terlampir adalah instansi yang sudah atau akan dibuka pendaftarannya.
4. Pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi (Formasi Umum atau Formasi Khusus Lulusan Terbaik (cum-laude) atau Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat atau Formasi Khusus Disabilitas) di 1 (satu) instansi pada periode yang sama. Dan pelamar dapat melamar di instansi yang berbeda pada periode yang berbeda.
5. Klik "Jadwal dan Persyaratan" untuk melihat jadwal
6. Klik "Helpdesk & Pengaduan" untuk bantuan dan pengaduan
7. Klik "FAQ" untuk mencari permasalahan
8. Klik "Call Center" untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran

1. Cara Pendaftaran di Portal SSCN

Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :
1. Klik "Pendaftaran" dan akan tampil halaman pengisian Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK).
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)
3. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
4. Masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive
5. Setelah data di atas dimasukkan, klik "Lanjutkan" untuk proses selanjutnya.
6. Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar.
7. Data lain yang perlu diisi terdiri dari data:

a) E-mail. Masukan e-mail aktif dan valid
b) Password. Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
c) Pertanyaan Pengaman 1. Pilih pertanyaan pengaman Anda
d) Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pili
e) Pertanyaan Pengaman 2. Pilih pertanyaan pengaman Anda
f) Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
g) Captcha. Masukan kode captcha yang tampil di layar

8. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.

9. Selanjutnya klik "Daftar"

10. Proses selanjutnya, Anda masuk halaman pemberitahuan bahwa  pendaftaran  ke  portal  SSCN  2017 berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2017. Simpan kartu tersebut dengan baik.

11. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

2. Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata

1. Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login k https://sscn.bkn.go.iddengan klik tombol "Login" yang tertera di sudut kanan atas
2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta.
3. Masuk ke Form Biodata Pelamar. Pada form ini dilengkapi Alamat Domisili, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Kawin dan Nomor HP.
4. Setelah pelamaar mengisi biodata, klik “dafrat” untuk melanjutkan proses pendaftaran instansi

3. Daftar Instansi

1. Masuk halaman Form Pendaftaran SSCN. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di Pengumuman Instansi
2. Pilih instansi yang dituju
3. Klik "Cek" dan akan tampil form Pendaftaran. Apabila pelamar ingin mengganti Jenis Formasi dan Instansi yang dituju, klik "Daftar" kembali untuk mereset bagi instansi yang menggunakan SSCN. Sedangkan instansi yang tidak menggunakan SSCN, hanya dapat sekali klik tombol  "Cek", data akan tersimpan di Riwayat sebagai pelamar instansi Non SSCN. Pelamar tidak dapat merubah instansi tersebut.
4. Instansi yang tampil adalah instansi yang sudah buka pendaftarannya sesuai dengan Pengumuman dari instansi tersebut.
5. Setelah yakin memilih instansi akan keluar notifikasi, klik OK untuk melanjutkan
6. Masuk Form Pendaftaran
7. Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah
8. Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih
9. Pilih Lokasi Kerja apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Kerja
10. Pilih Lokasi Test apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Test
11. Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah.
12. Isi Tanggal Ijazah dan Tahun Lulus sesuai dengan yang tertera di Ijazah.
13. Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi. Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, akreditasi dapat dipilih "Lainnya"
14. Isi nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma atau nilai ijazah untuk lulusan SMA sederajat.
15. Isi Nomor Ijazah
16. Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil
17. Sebelum klik "Daftar", pastikan bahwa Anda sudah yakin akan melamar di Instansi tersebut karena pelamar hanya dapat mendaftar di satu jabatan pada satu instansi dan satu periode. Pendaftar dapat mendaftar di instansi lain dengan periode (batch) yang berbeda
18. Klik tanda "Kotak" dan klik "Daftar"
19. Data pelamar akan masuk ke database SSCN 2017
20. Bagi pelamar non SSCN 2017 (instansi yang tidak menggunakan SSCN 2017, atau menggunakan portal pendaftaran sendiri), setelah memilih instansi non SSCN akan dirujuk ke alamat portal instansi tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran
21. Selanjutnya akan tampil halaman Cetak Kartu.

4. Riwayat Pelamaran SSCN

1. Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dapat dilihat dan dicek statusnya di menu Riwayat berdasarkan:

a) Instansi: Instansi yang dilamar
b) Jenis Formasi: Jenis formasi sesuai dengan yang dipilih
c) Tanggal Daftar: tanggal daftar ketika pelamar mendaftar
d) Batch: periode yang dilamar
e) SSCN: keterangan apakah instansi menggunakan SSCN atau Non SSCN
f)  Status Administrasi: status proses administrasi pelamar
g) Registrasi: tombol untuk cetak Kartu Registrasi
h) Ujian: tombol untuk cetak Kartu Ujian apabila lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT
i) Dokumen: tombol untuk mengunggah (upload) dokumen sebagai persyaratan pendaftaran sesuai dengan Pengumuman Instansi.
2. Untuk mencetak ulang Kartu Pendaftaran, klik "Cetak" pada kolom Registrasi.
3. Untuk melakukan upload dokumen, klik "Dokumen", kemudian akan tampil Form Upload Dokumen

a) Jenis dokumen akan tampil sesuai dengan keperluan instansi
b) Pilih dokumen yang akan di unggah (upload) pada komputer Anda klik "Choose File"
c) Dokumen yang diunggah harus berupa image (.jpg/.jpeg.png) atau berupa .pdf dengan maksimal 200 kilobyte
d) Nama dokumen akan tampil setelah dipilih
e) Klik "Upload" untuk menyimpan dan system akan memvalidasi dokumen tersebut
f) Setelah berhasil divalidasi dokumen akan tersimpan di sistem
g) Untuk membatalkan, klik "Kembali"

5. Kartu Ujian



Untuk mencetak Kartu Ujian, pilih kolomnya kemudian klik "Cetak" pada kolom Ujian. Kartu Ujian dapat dicetak bagi pelamar yang lulus verifikasi sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.
sumber : http://www.pilahberita.com/
Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Atas kunjungannya ke blog benetenews kami ucapkan terima kasih. Jangan lupa like, komen dan bagikan info ini ke yang lain ya semoga bermanfaat.. terima kasih..

No comments:

Post a Comment

Pages