Objek Wisata Sapto Tirto Pablengan - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Objek Wisata Sapto Tirto Pablengan

Share This
Obyek wisata Sapto Tirto Peblengan terletak di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih. Terletak ditepi jalan raya antara Karangpandan menuju ke Astana Mangadeg Girilayu. Sekitar 20 Km dari kota karanganyar, beriklim sejuk dilatarbelakangi oleh hutan pinus Argotiloso dengan luas area 2 ha.

Menurut catatan sejarah, tempat ini merupakan pemandian para raja Mangkunegara Surakarta dan didalam komplek ini juga terdapat bagunan yang di anggap sakral oleh masyarakat setempat berupa pemandian terbuka peninggalan Mangkunegoro VI yang memiliki 6 kamar mandi.

Tidaklah berlebihan jika kawasan ini dikatakan sebagai salah satu keajaiban Alam yang ada di Indonesia. Sapta artinya Tujuh. Tirta artinya Air, jadi Sapta Tirta Artinya tujuh mata air.
Uniknya tujuh mata air tersebut berkumpul di satu area. Satu mata air dengan mata air yang lainnya berjarak sekita 5 Meter dan paling jauh berjarak 15 Meter, tiap mata air memiliki kandungan minerat yang berbeda beda.

Berikut ke Tujuh sumber mata Air yang memiliki mineral dan khasiat tertentu menurut masyarakat setempat :

1. Sumber Air Bleng

    Air ini biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pembuatan karak dalam bahasa jawa atau kerupuk yang terbuat dari beras. Air ini selalu mengeluarkan gelembung-gelembung di tenganya.

2. Sumber Air Kesakten
     Berdasarkan namanya dalam bahasa jawa kesekten yang berarti sakti. Sumber mata air ini dipercaya membah keberanian, kewibawaan dan juga jiwa patriotisme. Dahulu air ini sering digunakan olah para tentara untuk menembah keberanian melawan penjajahan.

3. Sumber Air Mati
     Sesuai dengan namanya Air Mati. Air ini tidak boleh digunakan untuk segala aktifitas seperti minum, mandi karena air tersebut beracun.

4. Sumber Air Urus-Urus
     Mata air urus-urus ini bisa dikonsumsi dan khasiat air ini bisa
membantu memperlancar buang air besar (BAB).

5. Sumber Air Hangat
     Nah,,, kalo sumber mata air ini Anda bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kudis dan gatal-gatal. Pengunjung bisa mandi di sini.

6. Sumber Air Hidup
     Air ini dipercaya bisa untuk merawat wajah agar awet muda tambah cantik di karenakan banyak mengandung mineral. Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk sekedar cuci muka di air hidup ini.

7. Sumber Air Soda
     Saat mencoba Sumber Air Soda ini, rasanya seperti Air kelapa mudah mengandung soda. Air ini dipercaya untuk mengobati penyakit dalam seperti kolesterol, gula, asam urat dll.

Untuk memasuki kawasan Objek Wisata Sapto Tirto Pablengan ini sangat murah sebesar Rp 3.000,. Untuk satu orang pengunjung.

Sukoharjo, Senin 11 Juni 2016

No comments:

Post a Comment

Pages