Investasi di Pasar Modal - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Investasi di Pasar Modal

Share This


Kantor Perwakilan BEI Surabaya (Doc.Pribadi)
Investasi adalah menundah keinginan saat ini untuk kepentingan di masa yang akan datang. Misalkan seorang Ibu menginvesatasikan sejumlah uang belanja yang di berikan suaminya untuk digunakan pada saat anaknya menikan nanti.

Atau seorang ayah membeli binatang ternak seperti sapi untuk di jual pada saat anaknya masuk sekolah. Itu juga bisa di sebut dengan investasi.
Investasi bisa dilakukan dalam bentuk apapun, bisa dalam bentuk uang maupun non uang.

Dalam bentuk uang misalnya menabung sejumlah uang dalam bentuk deposito di Bank. Dan dalam bentuk non uang misalnya membeli tanah atau rumah dengan tujuan jangka panjang.

Definisi Investasi di Pasar Modal

Pasar modal adalah instrumen keuangan yang memperjual belikan surat-surat berharga berupa obligasi dan equitas atau saham untuk jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta, dan kegiatannya dilaksanakan di bursa dimana tempat bertemunya para pialang yang mewakili investor.

Pasar modal indonesia mengalami booming di tahun 1989 hingga tahun 1991, saat itu banyak perusahaan yang go public serta meningkatnya emiten yang berusaha memasarkan sahamnya di bursa.

Fungsi dan Manfaat Pasar Modal dirasakan sangat berdampak positip bagi kemajuan perekonomian suatu negara, terutama bagi pelaku pasar modal. Secara garis besarnya, peran utama atau fungsi pasar modal adalah sebagai berikut:

1. Sumber pendapatan Negara melalui Pajak
Setiap transaksi di pasar modal dikenakan pajak, terutama terhadap deviden yang dibagikan kepada para pemegang saham, atau diatur berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf g Undang-Undang PPh.

2. Sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat oleh negara dan perusahaan melalui penerbitan oblogasi dan penjualan saham.
Perusahaan ataupun pemerintah dapat memperoleh dana dengan menerbitkan obligasi berupa Corporate & Government Bond, serta menjual saham ke pasar modal melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek Indonesia.

3. Sebagai Alternatif investasi bagi para Investor
Sarana bagi investor untuk melakukan investasi dengan sejumlah dana, di pasar modal para Investor bisa dengan mudah memindahkan aset yang dimiliki dari suatu perusahaan ke perusahaan lain untuk memperoleh keuntungan.

4. Pendorong Perkembangan dunia Investasi
Dengan adanya pasar modal, baik pemerintah maupun pihak perusahaan akan terbantu mengenai masalah modal kerja dalam rangka mengembangkan usahanya melalui penerimaan dana dari masyarakat. Dengan adanya tambahan modal yang diperoleh dari pasar modal, maka produktivitas perusahaan akan semakin meningkat.

5. Indikator Perekonomian Negara
Kenaikan seluruh aktivitas dan volume perdagangan di pasar modal memberikan pedoman atau indikator bahwa aktivitas dunia usaha berjalan dengan baik.

6. Sarana Pemerataan Pendapatan
Melalui pasar modal keuntungan yang diperoleh perusahaan yang menerbitkan saham akan memberikan deviden kepada para pemilik saham tersebut. Oleh karena itu, penjualan saham melalui pasar modal dapat dianggap sebagai media sarana untuk pemerataan pendapatan.

7. Menciptakan Peluang Tenaga Kerja
Dengan adanya pasar modal dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri lain yang berdampak sangat signifikan terhadap terciptanya peluang lapangan kerja baru.

No comments:

Post a Comment

Pages