Yunus, Ubah Handuk Bekas Jadi Pot Bunga Indah - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Yunus, Ubah Handuk Bekas Jadi Pot Bunga Indah

Share This

Benetenews – Siapa sangka, handuk bekas yang tidak digunakan lagi, dapat disulap menjadi pot bunga indah. 

Ditangan Yunus (36), asal Desa Bukit Damai, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat ini menceritakan, pot bunga yang ia buat merupakan limbah kain dari handuk bekas, baju kaos bekas, dan juga kelambu bekas.

“Semua pot yang saya buat itu, bahannya dari limbah sintetis yang sudah tidak terpakai lagi. Dari pada terbuang percuma, mending saya manfaatkan saja menjadi pot bunga seperti ini,” certinya, sambil menunjukan pot bunga hasil buatannya.

Selain memiliki keindah, limbah sintetis yang diubah menjadi pot indah ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Satu pot yang berukuran besar mencapai seratus lima puluh ribu.

“Untuk mesalah harga itu relatif, mulai dari harga lima puluh ribu hingga seratus lima puluh ribu, tergantung kerumitan pembuatan,” ungkapnya saat ditemui dikediamannya, senin (03/12/2018). 

Saat ini, kerajinan pot bunga yang ia hasilkan baru dijual disekitaran wilayah kecamatan Maluk. 

Keterbatasan modal sehingga produk yang ia hasilkan masi sangat minim. “Terkadang saya baru buat saat ada permintaan, karena saya tidak modal. Jadi saya buat semampu keungan saya. Biasanya saya tambahkan cet biar lebih menarik,” lanjutya.

Selain pot bunga, kerajinan dari handuk bekas tersebut juga dibuatkan kolam ikan hias.

Pot bungan dan kolam ikan hias dari bahan handuk bekas memiliki kelebihan dibandingkan dengan pot pada umumnya. Diantaranya tahan terhadap benturan.”Jika retak cukup kita oleskan dengan cairan semen, dibagian yang retak,” tutupnya. (li)

No comments:

Post a Comment

Pages