Warga Keluhkan Adanya Hewan Sapi Bebas Berkeliaran di Area Persawahan - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Warga Keluhkan Adanya Hewan Sapi Bebas Berkeliaran di Area Persawahan

Share This

BeneteNews – Banyaknya hewan ternak yang berkeliaran di area persawahan Desa Benete, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat membuat warga pemilik sawah mengeluhkan hal tersebut.
 
Sejumlah hewan ternak seperti sapi dan kuda leluasa menggasak lahan pertanian milik warga. Akibatnya, tanaman warga setempat terancam gagal panen.

Alimuddin (30), salah seorang petani di desa tersebut mengeluhkan dengan kondisi tersebut. Menurut para pemilik ternak harusnya menjaga hewan ternak agar tidak bebas berkeliaran.

“Tanaman jagung saya yang satu bulan lagi panen, kini rusak di makan dan di injak-injak oleh sapi dan juga kuda. Padahal suda kiri kanan sudah kita pagar,” keluhnya, sambil menujukan sisa jagung yang di makan oleh sapi.

Menurutnya, masalah tersebut haruslah menjadi perhatian pemerinta setempat agar petani setempat tidak resah.

Warga lain bernama Abdurrahman (55) juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya, banyak hewan ternak yang setiap hari bahkan malam hari berkeliaran, sangat mengancam keselamatan bagi sawah milik petani.

“Tanaman saya juga rusak akibat di injak-ijak oleh sapi, tiap malam saya dan rekan petani lainya jaga malam untuk menhindari sapi dan kuda ” ujarnya.

Lanjutnya, hal tersebut seharusnya menjadi perhatian pemerinta dan dinas terkait untuk menghindari terjadinya korban, baik binatang ternak maupun pemilik tanaman. 

“Setahu saya dulu, sempat ada aturan dan sosialisasi terkait binatan ternak,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya suda melaporkan ke pemerinta desa setempat.

No comments:

Post a Comment

Pages