Bank Sampah Lestari Olah Sampah Menjadi Berkah - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Bank Sampah Lestari Olah Sampah Menjadi Berkah

Share This
BeneteNews – Banyak yang menganggap sampah merupakan sebuah kotoran yang tidak ada nilai dan tidak ada harganya, sehingga kebanyakan orang membuang sembarangan. Sampah jika tidak dikelolah maka akan menimbulkan sebuah masalah baik bagi lingkungan seperti terjadinya banjir yang disebabkan oleh sampah.

Bank Sampah Lestari yang berada di Desa Benete, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mencoba untuk menjawab permasalahan tersebut dengan mengajak masyarakat untuk menabung beberapa jenis sampah.
Dengan modal dan fasilitis pengangkutan yang seadanya, bank sampah tersebut tetap malakukan aktifas, tercatar dari bulan Januari 2018 lalu nasabah bank sampah lestari berjumlah 16 orang dan kelompok.

Selain menunggu nasahan yang datang mengantar sampahnya untuk di tabung petugas bank sampah rutin melakukan penjembutan dengan dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan keranjang di belakangnya.

Adapun sampah yang bisa ditabung berupa sampah plastik seperti botol air kemasa, gelas plastik, kardus, dan juga besi. 

Setelah sampah-sampah tersebut di angkut dari nasabah kemudian di tampung di gudang kemudian di pilah kembali berdasarkan jenis. Pada bulan pertama diroperasi mampu mengumpulkan sampah sebanyak 123 Kg.

Sedangkan pada bulan Februari mengalami peningkatan sebanyak 333 Kg, adapun jenis sampah yang terkumpul berupa sampah plastik 74 Kg, dan kardus 259 Kg. saat ini bank sampal lestari murni mengelola bang sampah dengan modal swadaya. Bank sampah tersebut memiliki moto, mengolah sampah menjadi berkah.



No comments:

Post a Comment

Pages