Saturday, February 10, 2018

Berkunjung Ke Bank Sampah Induk STP Sumbawa

Bersama Direktur Bank Sampah Induk
Sumbawa Tecnopark (BSI STP)
Asro Mulyono
BeneteNews – Wow kini di Sumbawa kini memiliki Bank Sampah Induk Sumbawa Technopark (BSI STP) yang berada di kawasan Inovasi Sumbawa “Sumbion” Dusun Batu Alang, Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa.

Perjalanan tiga jam dari Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) merupakan perjalanan yang mengesankan. Setibanya di Bank Sampah Induk Sumbawa Technopark saya langsung bertemu dengan Asro Mulyono selaku Direktur Bank Sampah.

Asro panggilan akrabnya menjelaskan ada beberapa jenis sampah yang dapat di tabung dalam, seperti kardus, botol air kemasan, gelas mineral dan lainya. Harga sampah yang terimah berfariasi tergantung dari jenis sampah yang akan di tabung. Ia mencontohkan seperti gelas bekas kemasan air mineral di hargai Rp 1.500/Kg. 

“Jika sudah bersih dan di pilah harganya juga bedah, akan lebih mahal nilainya,” ungkap laki-laki yang murah senyum tersebut.

Sampah yang di kumpulkan dari nasabah atau dari unit bank sampah yang ada di sumbawa tersebut, akan di daur ulang kemudian akan di kirim ke industri yang ada di luar Sumbawa.

Di BSI STP terdapat dua mesin pengolahan sampah, yang pertama mesin penggiling sampah plastik dan juga mesin sampah organik. Rencana pihaknya akan memcacah 1 ton plastik dalam satu harinya. 

Untuk mencapai hal tersebut pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke kelompok masyarakat dan mendirikan Unit bank sampah di masing-masing wilayah yang ada di Sumbawa. (Ali)

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com