Warga Tongo Tolak Perpanjang Izin Tailing - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

Warga Tongo Tolak Perpanjang Izin Tailing

Share This
MALUK – Pemuda Desa Tongo yang bergabung dalam Lembaga Pemuda Peduli Lingkungan (Leppel) Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat menolak perpanjangan ijin dumping tailing milik PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) ke teluk Senutuk.

Perwakilan Leppel, Muammar Khadafie yang ikut dalam sosialisasi pelaksanaan ijin dumping tailing di Mataram beberapa hari yang lalu, mengatakan kegiatan pembungan limbah tailing milik PT.AMNT ke Teluk Senutuk sudah berlangsung lama. Ia tidak ingin, kejadian pencemaran lingkungan yang terjadi disungai tonggo bulan februari, terjadi di wilayah pantai,” cukup pencemaran linggkungan di sungai menjadi mimpi buruk bagi kami, jangan tambahkan lagi dengan pencemaran di laut,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini pembungan tailing AMNT mungkin belum berpengaruh, namun kemungkinan yang akan ditimbulkannya di masa depan setelah tambang berhenti beroperasi bisa saja terjadi. “ Stop pembungan limbah PT.AMNT ke laut kami, jika tidak bisa memberikan kontribusi yang positif dan lebih baik untuk perkembangan dan kemajuan desa kami. Karena kamilah orang yang pertama akan terkena dampak dari pencemaran lingkungan nantinya, jika perusahaan sudah pergi,” ujarnya.


Ia juga menegaskan bahwa kelestarian lingkungan yang ada di wilayah Desa Tongo jauh lebih berarti dari pada emas dan perak karena hanya bersifat sementara dan tidak dapat diperbaharui. Sementara itu laut yang menjadi tempat pembungan tailing PT.AMNT, merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar dan juga tempat berwisata. tambahnya dengan nada yang tegas. (cr-li)


Sumber : Radar Sumbawa Edisi Rabu 25 April 2017

No comments:

Post a Comment

Pages