TK Se Kecamatan Maluk Gelar Manasik Haji - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

TK Se Kecamatan Maluk Gelar Manasik Haji

Share This
Alimuddin/Radar Sumbawa
Maluk – Untuk mengajarkan sejak dini dan sebagai sarana edukasi tentang tatacaara berhaji, yayasan Bina’ul Ummah yang terdiri dari beberapa unit sekolah KBIT Anak Soleh, TKIT anak soleh,SD IT Bina’ul Ummah, dan SMP IT Bina’ul Ummah mengadakan manasik haji di lapangan sepak bola Maluk sabtu (09/10) kemarin.

kegiatan ini diikuti TK Sekecamatan Maluk. Selain untuk mengajarkan sejak dini kepada anak-anak kegiatan tersebut bertujuan menyambung silaturahmi dan mempererat persaudaraan antar sekolah.

Panitia Manasik haji Ita Yunita,SE mengatakan mengatakan acara manasik haji semacam ini sudah sering kami lakukan, ini sudah menjadi program tahunan yang dilakukan yayasan." Ini program dan agenda tahunan yang dilaksanakan di kecamatan Maluk. Yayasan Bina’ul Ummah sendiri bertindak sebagai fasilitator," katanya.

Pendidikan manasik haji bagi anak-anak ini katanya merupakan ajang pembelajaran dalam mengenal rukun Islam yang kelima sekaligus menanamkan rasa ingin melaksanakan ibada haji ke dalam hati anak-anak sejak dini.

Dalam pelatihan manasik haji kali ini. Anak-anak terlihat mengenakan pakaian ihram, kemudain mereka juga menjalankan urut-urutan rukun haji dengan khidmat. "untuk pelaksanaannya, anak-anak ini kita bagi dalam beberapa kelompok terbang atau kloter". Jelasnya

Tahap demi tahap ibadah haji yang dilaksanakan itu dimulai dari sai (lari kecil), tawaf (mengelilingi Ka’bah), melempar jumrah (melempar batu), dan juga  memotong rambut bagi laki-laki dilkukan bocah bocah tersebut. “Kami merancang manasik haji ini seperti ibdah sesungguhnya,” pungkasnya. (cr-li)*

Sumber : Radar Sumbawa Selasa, 13 September 2016 

No comments:

Post a Comment

Pages