DLH KSB Gelar Penyelamatan Mata Air - BeneteNews

Informasi lokal biar dunia mendengar

DLH KSB Gelar Penyelamatan Mata Air

Share This
BeneteNews – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Kepala Bidang Perlindungan menggelar aksi tanam pohon beringin di kawasan mata air.

Penanaman pohon beringin di pimpin langsung oleh Kepala Bidang Perlinungan DLH KSB Muliadi, S.P. Kegiatan tersebut dilakukan di dua titik mata air, lokasi yang pertama berada di mata Ai Linung dusun Jelengah Desa Beru, Kecamatan Jereweh. Dengan pipa-pipa air tersebut dialirkan ke setiap rumah warga yang ada di sekitaran mara air tersebut di gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Ketua kelompok Ai Linung Supriadi menjelaskan air yang bersumber dari pengunungan tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat. “Airnya bisa langsung di minum kho mas,” ungkap Supriadi di selah-selah penanaman pohon beringin, rabu (11/04).

Setelah melakukan penanaman 25 pohon beringin di mata air Ai Linung, DLH berpindah ke sumber mata air lainya yaitu di Desa Menala Kecamatan Taliwang, selain pohon beringin ada juga pohon mahoni. Kegiatan penanaman pohon beringin tersebut melibatkan warga sekitar dan aktifis mata air. 


Idris Sahidu aktif perlindungan  mata air yang ikut dalam kegiatan tesebut sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DLH.

“Ada yang unik dari kegiatan tersebut, DLH melakukan penanaman pohon beringin ukuran dua meter lebih, ini sangar bagus karena potensi hidupnya lebih besar dibandingkan dengan menanam pohon ukuran kecil. Mengingat di KSB masi banyak binatang ternak yang dilepas,” jelasnya.


No comments:

Post a Comment

Pages